Saturday 18 October 2014

Resensi Buku



Nama   : Ummu Mawaddah                Mata Kuliah    : Bimbingan dan  konseling
NIM    : 11410189                              Dosen              : Drs. H. Sarjono, M. si
Kelas   : VI PAI D

RESENSI BUKU

A.    filsafat ilmu.jpgIDENTITAS BUKU
Judul Buku      : Bimbingan dan Konseling
Penulis             : Robert L. Gibson dan Marianne
                          H. Mitchell
Penerbit           : Pustaka Pelajar
Kota Terbit      : Yogyakarta
Tahun Terbit    : 2011
Cetakan           : I (kesatu)
Tebal Buku      : XXIV+856 halaman
Ukuran Buku  : 24x16 cm
Harga Buku     : Rp. 122.500,00-


B.     ISI BUKU
Buku yang berjudul Bimbingan dan Konseling ini diterjemahkan dari judul aslinya, “Intoduction to Counseling and Guidance” oleh Yudi Santoso. Penulis buku, baik Robert L. Gibson dan Marianne H. Mitchel adalah Profesor Pendidikan di Departemen  Konseling dan Psikologi Pendidikan Universitas Indiana, Bloomington, Indiana.
Buku ini menyediakan kepada pembaca sebuah kajian dan pemahaman umum tentang perspektif historis dan aktivitas terkini para konselor, peran dan fungsi konselor di berbagai lingkungan, teknik-teknik yang digunakan konselor, pertimbangan multibudaya dalam konseling, pengaruh peran teknologi dan globalisasi terhadap fungsi konselor, pengorganisasian program-program konseling, dan garis pedoman legal/hukum dan etis profesi konselor. Bab pertama akan mengenalkan pembaca perkembangan historis profesi konseling, dua bab berikutnya akan membahas secara umum dan ringkas apa yang dikerjakan konselor dan tempat mereka bekerja, sementara bab-bab selanjutnya akan menguraikan lebih detail mengenai aktivitas dasar konselor tersebut.
Sebagai teks pengantar, buku ini sudah direvisi dengan gaya paling mudah, dengan harapan enak dibaca dan informatif. Untuk mengkaji lebih jauh, bahan pelengkap buku ini dapat juga diakses secara online melalui internet. Keistimewaan buku ini adalah dilengkapi dengan berbagai lampiran seperti pernyataan sikap, prinsip etik psikolog dan kode etik profesi, penggunaan internet dalam layanan konseling dan lain-lain.  Cover buku cukup menarik, namun dibutuhkan penafsiran tertentu untuk memahaminya. Karena terlalu lengkap dan tebal, buku ini menjadi kurang praktis baik dalam membawa maupun menggunakannya.
Buku ini ditujukan kepada siapa pun yang ingin mengetahui secara menyeluruh apa yang disebut profesi konseling. Dalam teks ini pembaca akan menemukan sebuah diskusi yang umum dan luas, bukan analisis yang tajam dan mendalam sehingga para siswa, pembaca umum, dan mahasiswa psikologi yang ingin mengambil jurusan Bimbingan dan Konseling dapat mengetahui dengan cepat cakupan studinya nanti dan mempersiapkan diri sedini mungkin untuk menempuh karir sebagai konselor nantinya. Bagi guru maupun calon guru, buku ini bahkan sangat penting sebagai pedoman dalam memahami dan memberi pengarahan terhadap para peserta didik di dalam kelas.
Selamat membaca....☺☺☺☺

0 comments:

Post a Comment

 

lautan inspirasi Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang